Friday 5 August 2016

Panduan Cara Gambar ilustrasi Dengan Mudah dan Sederhana untuk Anak-Anak dengan Objek Segitiga

Good day everybody, aloha, guten morgen dan asalammualikum Indonesia kita jumpa lagi dengan saya Prof. Drs. Ir. I.ng R. Dindin Rasjidin S.pd M.ma M.fa M.psi M.c2. Mc hammer M.sp . Gelar yang panjang dan memukau sengaja saya lampirkan agar terkesan saya pakar yang intelektualitas tinggi bin ahli dengan kredibilitas yang mumpuni banget. Padahal itu semua cuma tertera di dunia maya dimana semua orang bisa bicara dan menjadi apa saja. Terlepas dari semua gelar karangan saya di atas, kita kembali mencoba memberi ilmu yang cuma apalah tapi mudah-mudahan berguna setidaknya bisa memberikan indikasi kesan baik untuk calon pacar klw kita bisa ngajarin ponakannya yang masih TK gambar melalui objek yang sederhana. Kalau sudah siap kita bisa mula latihanya pertama yang harus disiapkan adalah bisa crayon / pensil warna atau apa saja media untuk coratcoret yang ada dan kertas.


Kita mulai dengan membuat Objek segitiga

dinsnusantara.blogsot.com
dasar bentuk foto 1 - 2


1. Pertama kita buat segitiga seperti di foto no.1 saya buat dengan warna biru agar nanti sesuai dengan warna backgroundnya.

2. Setelah itu kita buat lagi bentuk segitiga lebih kecil dengan menempel pada segitiga yang besar jadi terlihat seperti di foto no.2. 

dinsnusantara.blogsot.com
foto 3 - 4

3.Lalu kita lanjutkan dengan membuat segitiga yang lebih kecil dalam segitiga besar seperti di foto no.3.

4. memasuki tahap selanjutnya kita tambahkan mata seperti terlihat di foto no.4 sudah mulai terlihat bukan bentuk secara keseluruhan biasanya anak-anak sudah bisa menebak di foto no.2 gambar apa ini.

dinsnusantara.blogsot.com
foto 5 - 6

5. Oke kini memasuki tahap detailing dengan penambahan mulut, insang dan ruas pada bagian sirip, tambahkan garis-garis hiasan (ornamen) untuk bagian tubuh, bisa bentuk bunga, zigzag apapun itu coba anda eksplorasi jangan takut dan ragu buatlah sekreatif mungkin bebaskan imajinasi anda.

6. Warnai ikanya sesuai warna yang disukai lalu buatlah latar depan dan latar belakang lingkungan ikan anda, pada pengerjaan semua contoh gambar ikan ini saya buat secara digital karena efesiensi dalam media. Namun jangan khawatir saya telah menguji dan meneliti cara ini dengan crayon untuk mengajar di T.K dan hampir semua anak bisa mengerjakanya dengan sempurna cuma sedikit kesulitan saat awal buat bentuk segitiganya.

dinsnusantara.blogsot.com
Tips and triks

Sedikit tips n triks dari saya anda bisa berekplorasi pada tahap detailing mata maupun mulut untuk memberikan kesan ekspresi yang berbeda pada bentuk ikan anda seperti contoh pada foto di atas. Dulu almarhun dosen gambar bentuk  kami yang biasa disapa eyang Roosdal, mengatakan bahwa semua bentuk benda di dunia ini di dasari oleh bentuk-bentuk simetris dan organik, semenjak itulah saya menyadari betapa pentingnya bentuk-bentuk dasar. Jika ingin mudah dalam menggambar  buatlah dulu bentuk dasar benda tersebut. Jangan Ragu mencoba, bereksplorasi dan berkata kita pasti bisa! karena itu menjadi dasar kretifitas tak terbatas kita. Selamat mencoba salam seni dan budaya salam MERDEKAA!.

No comments: