Friday 21 March 2014

Melukis, melukis itu apa sihh....?

melukis...itu apa sih?
karya lukis surrealis by dindin rasjidin






















Selamat pagi pemirsa di rumah, di trotoar, warung maupun di tempat disko kembali lagi bersama saya Dindin dalam tulisan melukis itu apa sih? sebelum kita memasuki wilayah pertanyaan abu-abu tersebut kita harus mengerti untuk apa melukis (menggambar), bagaimna caranya melukis (menggambar) dan seberapa penting melukis (menggambar) itu dalam kehidupan seseorang ...

Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar.Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Medium lukisan bisa berbentuk apa saja, seperti kanvas, kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan. Alat yang digunakan juga bisa bermacam-macam, dengan syarat bisa memberikan imaji tertentu kepada media yang digunakan.(http://id.wikipedia.org/wiki/Seni_lukis).

Saya rasa teori diatas cukup untuk mewakili pengertiaan apa itu melukis, tidak perlu banyak teori untuk membuktikan bahwa saya orang yang cerdas, pandai bin lihai dalam meng copy paste hehehe..,. Melukis sendiri di kategorikan terdiri atas beberapa aliran dan gaya. Semenjak jaman yunani era klasik hingga kini masa pos modern urban kontemporer. Jika di tilik satu persatu secara sejarah, perjuangan dan tokoh-tokohnya bisa bertahun-tahun baru bisa selesai dibahas tuntas. Karena semua aliran lukis sendiri terdiri atas 140 gaya, aliran maupun sektenya (jangan percaya) untuk mengetahui kebenaranya lebih lanjut silakan sowdara-sowdara googling sendiri...hehehe.

Tapi saya kasih beberapa gaya lukis yang pernah saya eksplore dan lakoni seperti contoh-contoh ilustrasi gambar dibawah ini:

lukisan gw

lukisan gaya surrealis (lukisan berasal dari alam bawah sadar)

lukisan gw
gaya naturalis ( keindahan alam) by dindin rasjidin.

lukisan dindin
lukisan realis (gaya lukis dilihat secara nyata) by dindin rasjidin


lukisan by dindin
lukis foto figure (lukisan figure sebagai objek utama) by dindin rasjidin



lukisan by dindin rasjidin
lukisan surrealis by dindin rasjidin..


Itu beberapa contoh gaya lukisan yang pernah saya lakoni sebenernya sih sekalian mau pameran lukisan diblog aja..hehe..karena belum kesampean pameran di galery komersil..hahaiii curcol (curhat colongan) dikit..
Tapi gaya lukisan yang pengen banget saya coba adalah lukisan gaya 3D, sebuah teknik berkarya yang membutuhkan teknik tinggi dan perspektif objek yang persisi sehingga jika dipandang dari satu sudut tertentu gambar 2D menimbulkan efek 3D. Contoh karya dari salah pelukis yg saya kagumi Kurt Wenner


coke by kurt wenner
coke by kurt wanner

incident at waterloo by kurt wenner
incident at waterloo by kurt wenner
Dan satu lagi karya 3D BomBASTiiSs (kalimat jawa kuno) yang menurut saya sangat inovatif dari segi gaya, media maupun teknik yaitu karya artist (seniman..!!) Asia asal Jepang Riusuke fukahori...


3D karya Riusuke fukhahori



3D karya Riusuke fukahori



3D karya Riusuke fukahori


Jadi media yang digunakan adalah raisin cair ( zat kimia yang bisa mengeras padat menjadi akrilik) hingga dapat ditempatkan dalam berbagai bentuk wadah. Lalu dilukis dengan cat akrilik (cat berbasis air) secara bertahap, perlapis ( layer) mampu membentuk objek 3D yang dapat dilihat dari sudut pandang manapun sungguh BrilliAnt sodara sodara...

Media Dalam Melukis
Media dalam melukis dilihat secara konvensional terbagi atas dua bahan cat yaitu:

  1. Cat minyak (media pengencer menggunakan medium minyak)
  2. Cat akrilik (media pengencer menggunakan medium air)
dan media pendukungnya seperti kanvas, kertas, kuas dan pallet namun kini banyak juga seniman yang melukis tidak menggunakan bahan maupun teknik konvesional seperti pewarna dari bahan alam, kopi, kunyit, daun jati, arang dll. Bahan pendukung sendiri tidak terbatas kardus, kaca, tembok, seng, kayu asal cat bisa nempel disitu kita berekspresi. Sedangkan dari segi teknik dari yang disembur pakai mulut, dikepret pakai jari sampai pakai sarung tinju! ada semua tidak ada yang membatasi kreativitas dan seni kecuali ya senimanya itu sendiri...Hidup Senii..!!

Tujuan Dalam Melukis.

Banyak manfaat yang bisa didapat jika kita bisa melukis baik secara fisik maupun psikologis. Karena itu test menggambar dalam psikotest masih tetap digunakan untuk memberikan gambaran dasar tentang kepribadian seseorang yang dapat dilihat dari hasil gambarnya. Sering saya mendengar kata ah..saya ga bisa gambar apalagi melukis "Seni itu tidak terbatas teknik, ruang maupun waktu dan Keindahan itu sesuatu yang relatif" bagi saya Berkesenian adalah untuk memerdekakan diri. Jika ditinjau dari segi fisik maupun psikis melukis melatih motorik halus maupun kasar, melatih kreativitas, pola berfikir yang menentramkan pikiran melalui ekspresi olah warna dan bentuk. 


Sekian dari saya Salam MERDEKA!!

jamboreseni by dindin rasjidin
foto gaya realis tis judul karyaku dan sulaiman rachim ketika jambore seni.