Friday 2 September 2016

Sensasi Dunia Mimpi Os Gemeos duo muralis yang fenomenal asal Brasil



Otavio Pandolfo dan Gustavo Pandolfo a.k.a Os Gemeos

Ini dia duo muralis yang karyanya bisa menjadi inspirasi kita meskipun dalam kategori pendiskripsian arti kata mereka bisa masuk dalam pelakon mural (lukisan dinding ) atau grafiti (coretan coretan pada dinding). Terlepas dari sistem klasifikasi makna kata yang bisa jadi perdebatan tak berujung duo brasilia ini selalu bisa menyuguhkan sensasi karya karya yang fenomenal.Os Gemeos berasal dari kata Portugis yang berarti kembar. Duo seniman jalanan ini adalah saudara kembar identik yang lahir sebagai Otavio Pandolfo dan Gustavo Pandolfo pada tahun 1974 mereka lahir di Sao Paulo, Brasil.




permainan manipulasi dimensi Tingkat teknik lukis yang tinggi.

Os Gemeos memulai perjalanan karir mereka melalui seni jalanan dengan teknik semprot-lukisan grafiti pada tahun 1987. Budaya hip-hop yang masuk di tahun 80an menjadi trend dikalangan anak muda Brasil juga menjadi salah satu pengaruh gaya Os Gemeos bahkan mereka pernah masuk dalam komunitas breakdance. Perlahan tapi pasti mereka mulai mendapatkan pengakuan secara luas di pergerakan seni urban bawah tanah. Pergerakan seni mereka mempengaruhi dan menyebar luas di kalangan komonitas komunitas urban grafiti Brasil. Ciri khas gaya karya mereka juga membantu mengidentifikasikan karakter unik dari gaya grafiti khas asli Brasil. Yaitu pengembangan pengaruh gaya tradisi hip-hop dan tradisi kebudayaan Brasilia yang disatukan menjadi karakteristik gaya mereka.


Seiring dengan perkembangan dalam berkarya, karya-karya mereka mulai bersingungan dengan teknik karya karya mural yang rumit, kehidupan berkeluarga dan situasi kondisi pergerakan sosial politis yang terjadi di San Pauolo bahkan tentang cerita-cerita rakyat asal Brasil dijadikan inspirasi tema berkarya. Pertemuan mereka dengan Barry McGee pelukis dan seniman grafiti asal San Fransisco merubah dan mempengaruhi karakter gaya os gemeos. Selama pertemuan mereka dengan Barry McGee, ia berbagi berbagai pengalaman fotografis maupun teknik grafiti yang ia pelajari selama ia menjadi artist grafiti di US. Barry Mcgee juga membanatu os gemeos bertemu dengan Allen Benedikt salah satu pendiri majalah 12oz prophet.


Tema sosial dan kekeluargaan yang kental dalam inspirasi karya



Setelah majalah 12oz prophet magazine mewawancarai dan mengangkat cerita Os gemeos ketenaran mereka semakin bersinar. Ini Pertama kalinya  karya mereka terkenal hingga menembus penonton yang ada diluar wilayah Amerika utara. Ciri khas karakter manusia berkulit kuning yang menjadi karakteristik paling dikenal  di dunia secara meluas, konon dipengaruhi oleh semburat warna kuning yang muncul pada mimpi kedua saudara kembar tersebut. Manusia berkulit kuning tersebut telah mengantarkan karya Os Gemeos di berbagai tembok tembok gedung seluruh dunia bahkan media lainya seperti kereta, pesawat terbang bahkan tangki tangki pabrik sebagai bagian dari hasil kerja maupun undangan berpameran si kembar.


Kedua pikiran mengalir yang bersatu dalam seni telah membentuk citra alam dunia fantasi Os Gemeos. Dengan menggunakan semua warna dan rasa dari imajinasi yang di ekspresikan oleh mereka. Mereka percaya bahwa segala sesuatu mungkin dan mimpi bisa menjadi kenyataan, inspirasi desain os Gemeos 'berasal dari refleksi realitas batin mereka dan fantasi sekitarnya. Os Gemeos menggunakan sayap imajinasi mereka untuk pergi menuju alam eksotis dan tempat-tempat ilusi yang mendiami pikiran mereka hingga menciptakan dunia ideal mereka.



motif motif ragam hias yang selalu mengiringi tiap karta os gemeos

manipulasi optik dengan warna dan permainan bentuk menjadi senjata andalan dalam karya mereka


project dalam memenuhi permitaan untuk melukis pabrik  



melukis pesawat atas permintaa salah satu maskapai penerbangan Brasil untuk menyambut piala dunia di brasil














No comments: