Tuesday 9 September 2014

Apa itu ilustrasi dalam sejarah maupun fungsi

dinsnusantara.blogspot.com
drawing

Tujuan ilustrasi adalah untuk menerangkan atau menghiasi suatu cerita, tulisan, puisi, atau informasi tertulis lainnya. Diharapkan dengan bantuan visual, tulisan tersebut lebih mudah dicerna.

Fungsi khusus ilustrasi antara lain:

  • Memberikan bayangan setiap karakter didalam cerita
  •  Memberikan bayangan bentuk alat-alat yang digunakan di dalam tulisan ilmiah
  •  Memberikan bayangan langkah kerja
  •  Mengkomunikasikan cerita.
  •  Menghubungkan tulisan dengan kreativitas     dan individualitas manusia.
  •  Memberikan humor-humor tertentu untuk mengurangi rasa bosan


Apa itu illustrasi dalam sejarah maupun fungsidinsnusantara.blogspot.com
Apa itu illustrasi dalam sejarah maupun fungsi







6. llustrasi pada buku pelajaran sangat menolong dalam memahami suatu penjelasan. Misalnya dalam pelajaran biologi, untuk memahami sistem pencemaan akan lebih mudah jika menggunakan gambar ilustrasi. Dalam pelajaran sejarah untuk menjelaskan bentuk candi borobudur akan lebih mudah jika mempergunakan gambar atau foto. Di samping itu ilustrasi dalam bentuk bagan juga banyak digunakan dalam buku pelajaran untuk menjelaskan suatu proses atau metabolisme kehidupan di alam.

7. Vignet (baca = vinyet) sering kita jumpai dalam majalah yang fungsinya adalah untukmenghias dan mengisi ruang yang kosong. Bentuk vignet pada umumnya berupa gambar dekoratif. Vignet dapat juga dikembangkan menjadi bentuk seni dekoratif yang berdiri sendiri sebagai karya seni.

8. Illustrasi Cerpen, Daya tarik sebuah cerpen sangat dipengaruhi oleh ilustrasi yang mengiringinya,' disamping untuk menambah daya tarik ilustrasi juga berfungsi untuk memberi penguatan pada tokoh yang digambarkan dalam naskah cerita. Semakin indah ilustrasi yang ditampilkan, akan membuat orang tambah penasaran untuk membacanya.

9. Ilustrasi Uang Kertas, Bayangkan jika uang kertas yang kita gunakan sebagai alat tukar tidak dilengkapi dengan ilustrasi di dalamnya. Uang kertas yang kita gunakan sehari-hari merupakan hasil kreatifitas yang memerlukan ketelitian yang sangat Tinggi. Dengan teknik arsir dan dekorasi yang indah uang didisain menjadi karya seni dua dimensi yang sangat menarik untuk digunakan.

10. Ilustrasi logo company dan advertising Promotion, lihatlah hampir semua instansi logo pemerintahan memiliki gambar-gambar simbol yang memiliki makna tersendiri begitupun dalam spanduk, billboard dan story board.

11. Gambar Ilustrasi Realis atau Naturalis, yaitu gambar ilustrasi yang memiliki bentuk dan warna sama dengan kenyataan yang ada di alam tanpa ada pengurangan atau penambahan. 

No comments: